Rekomendasi Printer Rumahan Brother DCP-6690CW

Brother DCP-6690CW adalah printer inkjet warna format sedang yang dapat melakukan banyak tugas sebagai pemindai dan mesin fotokopi. Mesin ini merupakan pilihan ekonomis untuk pengguna rumahan dan kantor, menawarkan biaya awal yang rendah dan biaya pengoperasian yang wajar. Brother DCP-6690CW menawarkan jaringan nirkabel dan kontrol layar sentuh, tetapi tidak setara dengan MFP lain dalam hal kecepatan cetak dan kualitas cetak.

Brother DCP-6690CW sedikit lebih lebar dari MFP normal (dapat dimengerti untuk printer format A3). Ini memiliki fitur pengumpanan kertas ganda, salah satunya adalah pemasok dokumen otomatis yang membuatnya lebih mudah untuk menyalin banyak dokumen halaman. Mesin ini memiliki pemindai ukuran A3, dan layar LCD sensitif sentuhan yang mengesankan untuk kontrol yang mudah. Brother DCP-6690CW juga memiliki slot untuk kartu memori untuk mencetak dan mengunggah gambar langsung dari dan ke perangkat memori yang kompatibel.

Brother DCP6690CW memiliki banyak keunggulan, termasuk kontrol layar sentuh, konektivitas nirkabel, baki kertas kembar, dan ADF. Ini juga memberi pengguna lebih banyak keserbagunaan dalam hal jenis dokumen yang dapat dipindai, berkat tempat tidur datar format sedang. Pilihan konektivitas juga beragam, karena mesin ini masih dilengkapi soket USB dan Ethernet standar untuk koneksi kabel.

Brother DCP-6690CW adalah pilihan tepat untuk pengaturan di mana kecepatan keluaran tidak terlalu penting. Perangkat ini cukup lambat, dan kualitas cetaknya tidak sebaik mesin lain dalam kisaran yang sama. Ini juga tidak memiliki kemampuan faks.

Brother saat ini merupakan satu-satunya produsen inkjet all-in-one yang mampu menangani kertas A3 dan A4. Ukuran kertas yang lebih besar membuat DCP-6690CW menjadi mesin yang besar, tetapi Brother telah melakukan yang terbaik untuk memperkecil ukurannya dan menawarkan beberapa tambahan yang menarik, seperti antarmuka layar sentuh yang lebar, koneksi nirkabel, dan baki kertas kembar.

Mesin tersebut tampak seperti mesin fotokopi bisnis berukuran sedang, tetapi dengan baki kertas yang lebih lebar untuk pengumpanan kertas dan Pengumpan Dokumen Otomatis (ADF) di atasnya. Penutup gloss tinggi pada ADF terlipat terbuka untuk memberikan dukungan kertas dan halaman yang dipindai diumpankan ke bagian atas penutup pemindai. Scanner flatbed berukuran A3, sehingga mesin memiliki fasilitas full A3 scan dan copy serta A3 print.

Panel kontrol sangat bebas dari tombol, sebagian karena mesin ini tidak memiliki fasilitas faks, tetapi terutama karena panel LCD layar lebar yang peka sentuhan. Layar sentuh mudah digunakan dan mudah disentuh, dengan respons bip untuk setiap penekanan tombol virtual. Tombol fisik dibatasi untuk pemilihan mode dan memulai dan menghentikan pekerjaan salin.

Di sepanjang bibir atas panel depan terdapat slot untuk kartu memori, yang tidak biasa termasuk CompactFlash, dan soket untuk PictBridge dan drive USB. Ini adalah rangkaian yang cukup lengkap dan memungkinkan pencetakan dan pengunggahan gambar langsung ke PC.

Kedua baki kertas besar di depan mesin dapat ditambah. Ini berarti jika Anda hanya sesekali mencetak atau menyalin halaman A3, Anda dapat membiarkan baki tertutup dalam posisi A4 dan menghemat cukup banyak ruang meja. Baik baki maupun penutupnya teleskopik.

Dengan cara kuno Brother yang biasa, soket USB dan Ethernet dipasang jauh di dalam mesin, jadi Anda harus mengangkat bagian pemindai ke atas dan membuka kembali kabel untuk menjangkau mereka. Ini canggung saat menyiapkan atau memindahkan mesin, jadi kebanyakan orang mungkin akan memilih koneksi nirkabel.

Cara terbaik untuk menangani pengaturan nirkabel sebagai proses dua tahap: mulai dengan menjalankan Wizard dari layar sentuh DCP-6690CW dan dapatkan untuk menemukan jaringan yang tepat dan hubungkan dengan memasukkan kode sandi jika diperlukan. Anda kemudian menjalankan pengaturan pada PC dan menginstal driver. Brother menyediakan salinan Paperport 11SE serta perangkat lunak pemindaian MFL-Pro miliknya sendiri. Driver disediakan untuk Windows dan OS X dan driver Linux dapat diunduh dari Brother Solutions Center.

Brother mengklaim 35ppm untuk cetak hitam dan 28ppm untuk warna dari mesin ini. Kami menyarankan Anda hanya akan melihat ini jika Anda mencetak beberapa karakter per halaman dalam mode draf. Mencetak pada kertas biasa dalam mode cetak normal, kami merekam 4.11ppm untuk dokumen teks 5 halaman biasa, naik menjadi 4.49ppm pada dokumen 20 halaman. Ini adalah sekitar 13 persen dari kecepatan pengenal, jadi buatlah kesimpulan Anda sendiri.

Mencetak halaman A3 juga menghasilkan kecepatan yang cukup lambat, dengan pekerjaan 5 halaman menghasilkan 2.63ppm dan teks yang setara dan pencetakan grafis berwarna menghasilkan 1.65ppm. Foto 15 x 10cm mengambil sekitar 1:45 dari PC, kartu memori atau kamera PictBridge.

Pekerjaan penyalinan juga cukup santai, dengan satu halaman salinan A4 membutuhkan waktu 50 detik dan salinan A3 yang setara datang dalam 1:04. Dari ADF, salinan teks hitam 5 halaman membutuhkan waktu 1:52 untuk A4 dan 1:58 untuk A3.

Kualitas cetak hanya adil. Teks hitam memiliki tampilan yang jelas berwarna abu-abu, dibandingkan dengan printer inkjet dari Canon, HP atau Lexmark dan ada sedikit ketidakjelasan di sekitar karakter, yang dihasilkan oleh tinta yang merembes ke serat kertas. Grafik warna masuk akal, meskipun corak sedikit hambar dan terlebih lagi dalam salinan berwarna.

Hasil cetak foto secara mengejutkan bagus untuk mesin yang ditujukan terutama untuk kantor. Warna alami dan bervariasi dengan mulus dari satu warna ke warna lain. Ada banyak detail, meskipun beberapa warna yang lebih gelap hilang menjadi hitam. Satu halaman penuh, cetakan A3 tampak bagus, meskipun hanya butuh kurang dari tujuh menit untuk menyelesaikannya.

Keempat kartrid tinta tersedia dalam dua kapasitas dan sebagai penghargaannya, Brother memasok versi hasil tinggi di dalam kotak bersama mesin. Ini menyediakan 950 halaman hitam dan 750 halaman berwarna dan memberikan biaya per halaman masing-masing 2.85p dan 6.91p, termasuk kertas 0.7p. Kedua biaya ini sangat masuk akal untuk inkjet dan bahkan pencetakan A3, mereka tidak akan melihat Anda keluar dari kantong.

Jika Anda membutuhkan cetakan berwarna A3, DCP-6690CW adalah cara ekonomis untuk mendapatkannya, baik dari segi harga pembelian awal maupun biaya operasional. Rangkaian fitur mesin juga bagus, dengan kenyamanan jaringan nirkabel dan kontrol layar sentuh, tetapi fitur inti kualitas dan kecepatan cetaklah yang membuatnya turun. Kualitas cetak oke, tapi tidak ada yang istimewa dan kecepatan cetak, bahkan untuk A4, lambat.

Leave a Comment